Thursday, April 14, 2011

5 Kesalahan Integrasi Website ke MobGold

Mungkin ada beberapa dari kita (khususnya pemula) yang bingung kenapa setelah website kita didaftarkan di mobgold tapi iklan tidak juga muncul karena website kita tidak terintegrasi dengan baik dengan sistem MobGold sehingga terus timbul tulisan "Awaiting Integration"  atau "Menunggu Integrasi" di daftar My Sites kita di member area.  Bila Anda mengalami hal ini, biasanya ada beberapa kesalahan (Menurut pengalaman saya loh) yang mungkin Anda lakukan seperti di bawah ini:

1. Bukan Situs Mobile:
Terkadang MobGold tidak bisa terintegrasi dengan baik karena kita mendaftarkan situs yang bukan Situs Mobile, terutama bagi kita yang membuat website dengan engine Wordpress, Joomlah, dll yang memiliki sistem CMS yang tidak bisa sembarangan di kutak-katik (bila kita tidak ahli).  Walaupun kadang kita tetap bisa memunculkan iklan MobGold di Website biasa, tapi sudah jelas jika pengunjung kita meng-klik iklan lewat browser PC, maka kita tidak akan mendapatkan uang, kecuali yang meng-klik iklan di website kita adalah pengunjung yang menggunakan browser Handphone.

2. Website HTML
Cukup jelas untuk saat ini MobGold tidak men-support website yang berbasis HTML lagi, mungkin karena banyak yang melakukan klik sendiri dan kecurangan2 lain, yang jelas situs mobile kita sebaiknya menggunakan script PHP.



3. Domain yang Tidak valid.
Biasanya MobGold tidak bermasalah dengan domain apapun, baik yang memiliki sub domain selama domain kita adalah benar2 ada. Tetapi biasanya (entah kenapa) MobGold akan sulit integrasi bila kita memiliki domain yang panjang atau bukan halaman pertama misalkan seperti ini : http://m.namadomain.com/?webID=2901338668603881700  atau http://m.namadomain.com/3578/cmd/xxx7409237794%sija.htm  dan bila anda mendaftar dengan url seperti diatas maka (biasanya) sudah pasti akan terus Awaiting Integration terus.  Sebaiknya cukup memakai domain saja http://m.namadomain.com/

4. Salah Penempatan Script
Salah penempatan script yang diberikan oleh MobGold pada script Website kita, walau terkadang tidak terlalu berpengaruh, tapi bila urusan coding maka sebaiknya kita harus tau penempatan yang ideal sehingga tidak asal copy paste misalkan di bawah header logo, footer, menu dsb-nya. Jadi, bila kita asal paste dan ternyata memotong script yang lain maka bisa error.

5. Salah Pilih Script
Ini kadang sudah jelas, misalkan website kita PHP dan kita copy script yang CGI/Perl, sehingga otomatis tidak bisa request ads ke sistem MobGold.

Demikian kiranya penyebab website kita sulit terintegrasi, dalam sistem integrasi MobGold pada prinsipnya sih sederhana, asal website kita bisa melakukan request iklan ke server MobGold maka website kita akan terintegrasi secara otomatis, Berbeda dengan Adsense yang terkadang ada pihak yang mengecek secara manual (oleh manusia) tentang kevalid-an situs kita. Setau saya sih hanya 5 hal diatas yang menyebabkan situs kita sulit terintegrasi dengan MobGold, bila ada sebab lain maka saya akan terus meng-update artikel ini, bila ada masukan dari Anda boleh kok tulis di kolom komentar, atau punya trik-trik khusus maka akan lebih bagus.

Related Posts by Categories



Created by Felix | Mobile Ad Network

No comments:

Post a Comment